Pengertian Blue Print Manual dan Digital

Mengetahui Perbedaan Blue Print Manual dan digital

Blue Print adalah adalah kerangka kerja terperinci (arsitektur) sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja.

Ditemukan pada abad ke-19, proses ini memungkinkan reproduksi cepat dan akurat dari dokumen yang digunakan dalam bangunan dan industri. Ciri-ciri proses cetak-biru adalah garis berwarna terang pada latar belakang biru, sebuah negatif dari aslinya. Proses ini tidak dapat menghasilkan warna atau bayangan abu-abu. 

blue print manual dan digital

 

Cetak biru dalam sebuah organisasi sangat diperlukan untuk menentukan arah organisasi sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai organisasi tersebut.

Maksud dan tujuan dari penyusunan cetak biru dalam suatu organisasi, komunitas atau lembaga, antara lain:

  •     Sebagai landasan hukum untuk pendayagunaan, pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
  •     Memberikan bingkai atau koridor dalam proses sinkronisasi dan penjabaran kebijakan dan program.
  •     Memberikan gambaran yang jelas bagi pengurus dalam menjalankan program kerja.
  •     Mensinergiskan langkah-langkah dan fokus segala aktivitas pencapaian tujuan ke dalam tahapan dan tujuan-tujuan kecil dalam rentang waktu kepengurusan.

Definisi blueprint menurut Oxford Dictionary adalah “detailed description of a plan”, atau deskripsi yang mendetil mengenai suatu rencana.  Istilah blueprint sendiri umumnya digunakan oleh para arsitek untuk menyebut gambar rencana bentuk bangunan di atas kertas berwarna biru.

Dalam ilmu manajemen Blueprint adalah sebuah rancangan yang dirumuskan dengan tujuan memberikan arahan terhadap kegiatan organisasi/ komunitas/ lembaga secara berkesinambungan sehingga setiap kegiatan memiliki kebersesuaian dengan tuntutan, tantangan, dan kebutuhan lingkungan sekitar.

Blueprint merupakan suatu kerangka kerja yang terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi; Penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi,pelaksanaan program dan fokus kegiatan, serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja.

Adanya BluePrint memang tidak menjamin bahwa anda akan mencapai seperti apa yang anda rancang dan visualisasikan di atas kertas. Namun BluePrint ini ibarat sebuah visi yang akan menuntun langkah anda untuk lebih dekat dengan impian. Hal ini akan membantumu untuk lebih fokus terhadap tujuan dan membuat anda tidak mudah berubah serta berganti – ganti tujuan.

Blueprint penting bagi perusahaan karena membantu perusahaan untuk merancang tujuan dan jalannya perusahaan di masa mendatang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memiliki blueprint bagi perusahaan.  

Blueprint dapat dicetak dan dipajang di kantor agar memotivasi para karyawan untuk bekerja lebih giat demi mencapai tujuan perusahaan.

Tampilan blueprint yang menarik menjadi salah satu daya tarik bagi karyawan untuk bekerja secara giat dalam mencapai tujuan perusahaan. Untuk mendapatkan tampilan blueprint yang menarik, anda tidak perlu repot. Cukup menyerahkannya kepada jasa printing yang handal dan terpercaya untuk mencetaknya.

Salah satu digital printing yang terpecaya yang menyediakan jasa untuk mencetak blueprint adalah Instaprint. Instaprint merupakan salah satu digital printing serpong yang dapat anda percaya untuk mencetak blueprint anda. 

Kami memiliki jasa printing blueprint manual ataupun digital, silakan hubungin kami untuk informasi lebih lanjut

 Jika ada yang mau di tanyakan soal harga atau pun yang lainnya bisa hubungin :

        Sales           : 0811 9053 313

atau bisa juga pemesanan online dikirim melalui email kami :   

        Email : sales.enix@gmail.com


atau bisa juga datang langsung ke tempat kami :

     Ruko Griya Sakinah Baru No. A11 Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17413

Terima kasih sudah membaca :  Pengertian Blue Print Manual dan Digital

Lihat Harga Printing: Cek harga